Sabtu, 07 Mei 2011

Apa itu SPAM?

Jual Kaos Twitter
Apa itu spam ? Mungkin pertanyaan tersebut pernah melintas dipikiran kita. Di internet kita sering mendengar kata spam, tapi anda belum mengerti apa itu spam. Untuk itu, mari kita bahas bersama tentang apa itu spam.
Kita akan mengambil sebuah contoh yaitu Budi. Setiap hari, ketika Budi mengecek inbox emailnya, dia selalu mendapati email berupa promosi tentang barang-barang yang tidak penting. Misal promosi tentang obat kuat, obat pembesar, dan sebagainya. Email seperti itu tiap hari terus menerus datang memenuhi inbox email Si Budi. Tentu saja lama-kelamaan Budi merasa risih dan terganngu, karena waktu yang seharusnya dia gunakan untuk bekerja, malah habis untuk mengecek, membaca, dan menghapus email yang begitu banyaknya dan tidak penting. Nah, inilah yang dinamakan email spam. Jika anda menjadi Budi, pastinya anda merasa risih juga bukan.
Sekarang apa anda sudah mengerti tentang apa itu spam? Baguslah bila sudah mengerti. Tapi, spam bukan hanya berbentuk email, tapi sebuah situs juga bisa dinyatakan spam oleh Search Engine.

Lantas bagaimana situs spam itu?
Kita ambil sebuah contoh lagi, ketika itu saya diberi tugas oleh guru saya untuk mencari artikel tentang "sistem check and balance", dan "sejarah pemerintahan Indonesia". Saya mengetikan keyword tersebut pada Google, dan hasilnya hanya sedikit artikel yang yang membahas tentang tugas tersebut. Tapi disini, ada sebuah situs yang tidak membahas tentang tugas tersebut, tapi situs tersebut masuk di daftar pencarian Google ketika saya mengetik keyword tadi. Dan ketika saya klik hasil pencarian tersebut, saya tak menemukan apa yang saya cari, malah yang muncul arikel lain yang tidak ada kaitannya sama sekali.
Bagaimana itu bisa terjadi?
Sebuah pertanyaan yang bagus. Itu terjadi karena pemilik situs melakukan teknik Blackhat SEO, yaitu teknik SEO curang yang tidak disukai oleh Search Engine.
Mungkin kurang lebih caranya seperti ini, misal pemilik situs atau blog ingin mendapat trafic yang tinggi dengan cara cepat, yaitu dengan blackhat SEO. Saat itu keyword dan artikel yang banyak dicari adalah tentang cara hack facebook. Lalu pemilik blog tersebut membuat postingan dengan judul Cara hack Facebook, dan menulis banyak meta keyword tentang hack facebook pada postingan tersebut. Tapi isi artikelnya tidak seperti judulnya, malah isinya artikel tentang kesehatan atau yang lainnya. Dan untuk mengelabuhi lagi, dibawah artikel tersebut ada hasil daftar pencarian yang mirp dengan hasil daftar pencarian Google dan juga ada tulisan "Maaf artikel yang anda cari tidak ditemukan".
Jelas ini mengelabuhi Search Engine, dan bisa dikatakan situs spam.
Apakah penjelasan saya diatas bisa anda pahami? Maaf kalau penjelesannya terlalu panjang. Tapi yang jelas jangan ikut-ikuta nyepam, karena itu nyebelin.
Dan terima kasih sudah berkenjung ke HEDI ZONE. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan :)

*

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...