Senin, 25 April 2011

Spam di Facebook

Jual Kaos Twitter

Spam di Facebook | Spam adalah salah satu bentuk kejahatan internet. Dan ternyata para spammer juga menggunakan Facebook sebagai sarana untuk spam juga. Saya menulis ini karena saya merasa risih juga melihat wall Facebook teman-teman saya yang dipenuhi oleh spam.
Bagi yang belum begitu mengerti tentang spam, mari saya jelaskan.
Kita akan mengambil sebuah contoh yaitu Budi. Setiap hari, ketika Budi mengecek inbox emailnya, dia selalu mendapati email berupa promosi tentang barang-barang yang tidak penting. Misal promosi tentang obat kuat, obat pembesar, dan sebagainya. Email seperti itu tiap hari terus menerus datang memenuhi inbox email Si Budi. Tentu saja lama-kelamaan Budi merasa risih dan terganngu, karena waktu yang seharusnya dia gunakan untuk bekerja, malah habis untuk mengecek, membaca, dan menghapus email yang begitu banyaknya dan tidak penting. Nah, inilah yang dinamakan email spam. Jika anda menjadi Budi, pastinya anda merasa risih juga bukan.
Lantas bagaimana bentuk spam di Facebook? Bentuknya bisa sama seperti kasusnya Si Budi, dimana si spammer mengirimi pesan ke FB anda yang isinya promosi-promosi. Atau juga yang paling banyak saya lihat yaitu dengan cara spammer mengupload foto produk yang akan dia jual, kemudian menambahkan tag alias tanda pada foto tersebut. Dimana semua orang yang menjadi teman Si Spammer akan di tag.
Nah Lu, nyebelinkan. Otomatis anda yang di tag oleh Si spammer akan mendapatkan notification pada FB anda. Gimana coba kalau tagnya banyak? Ditambah belum lagi kalau banyak yang coment foto yang di tag tadi, pastinya anda akan merasa risih ketika mendapatkan notification yang banyak dan tidak penting.
Anda bisa melihat contohnya seperti gambar ini yang wallnya dipenuhi oleh spam.




Bagaimana cara menangguli spam seperti ini? Carannya mudah, yaitu jangan asal confirm permintaan pertemanan dari orang yang tidak anda kenal, siapa tahu itu spammer. Dan jika anda sudah terlanjar berteman dengsn spammer, hapus pertemanannya atau blokir saja sekalian, biar gak nge-add lagi. Lalu hapus tag pada foto-foto si spammer. Dan yang terakhir laporkan si spammer ke pihak FB, karena spam itu adalah salah satu bentuk kejahatan dunia maya.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan :)

*

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...