Sabtu, 21 Januari 2012

Apa itu SOPA dan PIPA?

Jual Kaos Twitter
SOPA PIPA - Apa itu SOPA PIPA? Akhir - akhir ini SOPA dan PIPA marak diperbincangkan di dunia maya, SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act) adalah rancangan undang - undang yang diajukan tahun lalu oleh senator dan pejabat tinggi AS dengan tujuan untuk melindungi hak cipta materi internet seperti video, musik, software dan semua barang digital dari pembajakan. Dan kabarnya undang - undang ini akan disahkan pada 24 Januari 2012.




Lantas apa masalahnya kalau undang - undang ini disahkan? Bukankah itu hanya berlaku di Amerika?
Hei, memang ini hanya berlaku di Amerika tapi Lembaga Hukum Amerika bisa menyeret orang asing di negara lain yang melanggar ini.

Kita misalkan Anda punya situs atau blog yang isinya tentang download music, dan si ditus Anda, Anda menyebarkan mp3 produksi pihak rekaman Amerika yang mendukung SOPA ini, sudah pasti Anda juga akan terjerat hukum ini, dan Anda bisa dituntut oleh label rekaman tersebut.


Masih meragukan kekuatan dari UU ini kalau disahkan? Oke, mari kita ambil contoh dengan undang - undang DMCA Amerika. Apa itu DMCA? Silahkan search dulu di Google KLIK DI SINI. DMCA (Digital Millennium Copyright Act)  ini tujuannya juga sama yaitu untuk memberantas pembajakan karya intelektual seperti yang disebutkan diawal tadi.


Jadi ceritanya begini, ketika itu saya mau buka Forum Binushacker , tapi alangkah kagetnya saya ketika menemukan halaman suspend ketika membuka forum tersebut. Ketika saya bertanya pada Om Utuh Wibowo katanya Forum tersebut terjerat UU DMCA, karena Forum tersebut hosting di Amerika maka Forum tersebut disuspend oleh pihak hosting, karena forum tersebut berisi tentang materi yang melanggar sperti Warez, software bajakan, dan lain -lain. Dan malangnya pihak hostingan tidak memberikan backup forum ini pada Om Utuh, sehingga Forum Binushacker sekarang dibangun lagi mulai dari nol, silahkan cek sendiri kalau tidak percaya forum.binushacker.net .


Itu baru DMCA, efeknya seperti itu. Sekarang masalahnya apa yang akan terjadi bila SOPA PIPA disahkan? Ada yang bilang akan terjadi kiamat, wkwkwk lebay. Yang jelas imbasnya begitu besar dan mempengaruhi kehidupan berinternet. Kebebasan berinternet jadi terbelenggu, bagi Anda yang suka download dan upload file - file Anda harus berfikir ulang, terlebih lagi bagi Si Pengupload, misal Anda mengupload lagu Bruno Mars ke Mediafire dan label rekamannya menentut, anda akan terjerat hukum dan anehnya lagi dari undang - undang ini adalah situs yang bersangkutan dengan masalah ini juga akan terancam di blokir oleh pemerinta AS. Bayangkan bila situs yang tidak tahu apa -apa kemudian diblokir hanya karena ada salah satu user yang melanggar UU.
Bagaimana dengan Youtube yang berisi banyak video yang melanggar copyright? Anda melypsinc sebuah lagu, anda upload ke Youtube kemudian anda terjerat SOPA, anda dituntut dan Youtube terancam dilokir bahkan ditutup. Apa jadinya internet kalau seperti ini? Kebebasan terbelenggu, mau berbagi kreatifitas jadi sulit dan harus berfikir ulang sebelum membagikannya.

Ini sudah terbukti, Anda pasti tahu Megaupload kan? Sekarang situs tersebut sudah menghilang, silahkan cek sendiri megaupload.com. Kabarnya para  Pendiri Megaupload diburu dan ditangkap oleh pihak FBI, untuk berita selengkapnya silahkan baca  TEMPO.CO - SOPA-PIPA, FBI Memburu Petinggi Megaupload.


Untuk lebih jelasnya lagi mengenai SOPA PIPA dan dampaknya, silahkan lihat video berikut :











Untuk video yang satunya lagi lumayan unik nih, jadi ceritanya kan Justin Bieber itu terkenal karena Youtube, dan di Youtube dia menyanyikan lagu - lagu orang tanpa izin, jadi dia bisa terjerat SOPA PIPA juga donk :p (penjalasan saya ribet amat yah)




Di kaskus masalah ini juga lagi hangat - hangatnya diperbicangkan, silahkan simak ulasan yang lebih jelas di kaskus, ini nih topicnya Kaskus - [PENTING!] Kenali dan Lawan SOPA / PIPA sebelum 24 januari 2012!!! 


Lalu apa yang bisa kita lakukan?
Kita PATUT mendukung petisi yang telah dibuat, mari kita menyumbangkan suara melalui link - link berikut
Mari kita dukung gerakan STOP SOPA PIPA demi kebebasan berinternet, kebebasan berbagi.
Don't censor internet, internet is for everyone,

Semoga pada RUU SOPA dan PIPA ini tidak jadi disahkan.


UPDATE
Karena tadi malam saya nuisnya berantakan karena terburu - buru warnetnya mau tutup, ini saya kasih update tentang Mark Zuckerberg yang juga menentang SOPA PIPA, untuk yang asi silahkan Anda lihat sendiri di facebooknya Mark Zuckerberg www.facebook.com/zuck


Berikut status Si Mark Zuckerberg
The internet is the most powerful tool we have for creating a more open and connected world. We can't let poorly thought out laws get in the way of the internet's development. Facebook opposes SOPA and PIPA, and we will continue to oppose any laws that will hurt the internet.

The world today needs political leaders who are pro-internet. We have been working with many of these folks for months on better alternatives to these current proposals. I encourage you to learn more about these issues and tell your congressmen that you want them to be pro-internet.

You can read more about our views here:https://www.facebook.com/FacebookDC?sk=app_329139750453932.
 Yang tidak mengerti artinya silahkan ditranslate sendiri :))

4 komentar:

  1. Hha... Jadi keinget Anonymous...
    Yang nyerang website pemerintah gara" megaupload ditutup + sekaligus menentang SOPA & PIPA..

    minta Kunjungan + follow ya sob...
    http://maykhel.blogspot.com

    Nanti ku follow balik
    Saya Lagi online pke hp (ribet klo mw follow)

    Thanks ya.. :D

    BalasHapus
  2. Kabar terbaru katanya SOPA PIPA tidak jadi disahkan, tapi masih bisa saja jika kelaak diajukan kembali

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan :)

*

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...